Peran Guru Zaman Sekarang dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

By Bli Admin 10 Des 2020, 15:19:11 WIB Guru
Peran Guru Zaman Sekarang dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan


Guru masa kini punya tantangan yang lebih besar dalam menjalankan tugasnya. Lantas, bagaimana peran guru zaman sekarang dalam meningkatkan kualitas siswa?

 

Baca Lainnya :

    Beda zaman, beda pula tantangannya. Itu pula yang terjadi di dunia pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan tak melulu ditentukan dari kurikulum atau alat belajar yang memadai. Ada satu pemain utama yang juga punya andil besar dalam menentukan kualitas pendidikan: guru.

     

     

    Di era modern yang serba canggih ini, guru tak hanya dituntut untuk dapat memberikan pengetahuan baru bagi siswa. Peran guru zaman sekarang pun semakin vital dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama siswa.

    Untuk membantu peran guru dalam mempersiapkan materi belajar-mengajar, Primaindisoft memberikan membership gratis untuk mengakses berbagai konten belajar interaktif yang dapat di akses secara online dimana saja dan kapan saja.

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahkan memberikan gambaran peran guru zaman sekarang, yang meliputi:

    • Guru sebagai pengajar

    Pengajar merupakan peran utama seorang guru. Namun, karena perkembangan zaman dan karakter siswa yang semakin kritis, guru tak hanya dituntut agar mampu menyampaikan pelajaran. Guru pun perlu memiliki kapasitas agar dapat memberikan materi pelajaran dengan cara menyenangkan dan mampu mengajak siswa agar dapat berpartisipasi.

    • Guru sebagai katalisator

    Kejelian guru dalam mengidentifikasi serta mengoptimalkan potensi siswa juga menentukan sukses tidaknya proses pendidikan. Terlebih, setiap siswa tentu memiliki jenis kecerdasan yang berbeda. Sudah menjadi tugas guru dan orang tua untuk mengenali jenis kecerdasan yang dimiliki anak serta mengoptimalkannya sesuai minat dan bakat.

    • Guru sebagai fasilitator

    Tak hanya harus mampu menyampaikan materi, guru pun perlu terbuka untuk bertukar pikiran dengan siswa. Melalui diskusi, guru dapat mencari tahu potensi dan kelemahan siswa sekaligus mendorong mereka agar dapat berinovasi.

    • Guru sebagai penjaga gawang

    Siswa menghadapi tantangan dan pengaruh eksternal yang sulit dibendung, terutama di era digital seperti saat ini. Sebagai pendidik, guru berperan untuk melindungi siswa dari pengaruh negatif, seperti bullying, narkoba, pergaulan bebas, konten internet tidak sehat, berita bohong, dan etika di dunia maya, agar mereka dapat lebih bijak dalam bertindak.

    • Guru sebagai penghubung

    Guru berperan dalam menghubungkan siswa dengan sumber pembelajaran yang beragam. Tak harus selalu berhubungan dengan materi pelajaran di sekolah, guru juga dapat mengenalkan pelajaran penting tentang kehidupan yang dapat diperoleh dari pengalaman sehari-hari.

    Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa. Guru yang baik tentu akan menghasilkan siswa yang beradab, berilmu, dan disiplin. Makin baik kualitas guru, makin baik pula kualitas pendidikan.




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    Write a comment

    Ada 6 Komentar untuk Berita Ini

    View all comments

    Write a comment